Rabu, 14 November 2012

Cara Mengobati Telinga Yang Sakit

Nyeri atau sakit dibagian telinga biasanya disebabkan oleh infeksi, kemasukan benda/kotoran atau cairan dalam waktu yang lama. Penyakit bagian telinga umumnya dibagi 3 yaitu gangguan pendengaran, infeksi telinga dalam dan infeksi telinga bagian luar. Gejala awalnya biasanya ditandai dengan adanya suara denging atau dalam dunia kedokteran disebut Tinnitus, telingan berwarna kemerahan, sakit pada bagian rahang dan jika sudah mengalami infeksi akan keluar cairan kekuning-kuningan seperti nanah atau disebut otitis media (congek). Sakit telinga harus segera di obati karena bisa menyebabkan hilangnya pendengaran.


Jika diperiksakan ke Dokter biasanya akan diberi resep antibiotik dan obat tetes untuk mengobatinya, tetapi kita bisa mencari cara yang lebih cepat dan efektif untuk meredakan masalah ini. Berikut ini adalah cara sederhana untuk mengobati peyakit telinga:

Dengan Hidrogen perioksida: Bisa dibeli bebas di apotek. Tanyakan kepada apoteker, dosis yang aman untuk Anda dan juga jenis hidrogen peroksida yang diperuntukkan buat mengobati sakit telinga. Beberapa tetes akan meredakan sakit.

Jus bawang bombai: Salah satu obat alami adalah jus bawang bombai. Dua atau tiga tetes sudah cukup untuk menyembuhkan infeksi telinga dan menghilangkan rasa sakit.

Minyak wijen, jus mangga: Menurut situs Yukozimo, jus mangga dapat digunakan untuk menghilangkan sakit telinga. Sayangnya, tidak ada dosis yang disebutkan. Bisa jadi jus mangga yang dipakai tidak sekental jenis minuman. Dua atau tiga tetes sudah cukup untuk sakit telinga.

Dengan tetesan air: Kemasukan air ketika mandi biasanya akan menyebabkan telinga tersumbat dan jika dibiarkan akan menyebabkan sakit. Teteskan kembali air ke dalam telinga, biarkan selama beberapa detik dengan kepala dimiringkan agar air tetap di dalam telinga. Setelah telinga terasa hangat, keluarkan air dengan cara memiringkan kepala ke arah berlawanan. Biasanya cara ini efektif untuk mengeluarkan sumbatan air.

Dikompres dengan Air hangat: Tampaknya sederhana, namun kompres melancarkan sirkulasi sehingga akan melegakan tekanan di sekitar rasa sakit. Kain untuk kompres juga bisa direndam dalam semangkuk air garam yang hangat. Garam dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh sakit telinga.

Jika sakit telinga disebabkan infeksi, satu dosis vitamin C dapat menghilangkan infeksi dan menambah kekebalan tubuh, dan jika sekiranya sakit telinga sudah menunjukan gejala berat dan memerlukan penanganan serius segera hubungi dokter ahli yang bisa menanganinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar